Buruknya Muamalah Ribawiyah

Diposting pada

Buruknya Muamalah Ribawiyah

Renungan

Buruknya Muamalah Ribawiyah

Oleh: Ummu Fatih

SESUNGGUHNYA banyak dalil baik dari Al-Qur’an maupun Hadits, yang menggambarkan tentang buruknya riba.

Berikut adalah ringkasan dari beberapa dalil mengenai riba:

1. Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah: 275).

2. Pemakan riba, akan kekal berada di dalam neraka. (QS. Al-Baqarah: 275).

3. Orang yang “kekeh” dalam bermuamalah dengan riba, akan diperangi oleh Allah dan rasul-Nya. (QS. Al-Baqarah: 278 – 279).

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

Related Posts

Buruknya Pengangguran

Meski Meninggal, 3 Amal Buruk Ini Akan Terus Mengalir Dosanya

Siapa yang Lebih Buruk?

4. Seluruh pelaku riba; kreditur, debitur, pencatat, saksi, dan semua yang terlibat, akan mendapatkan laknat dari Allah dan rasul-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *